Ngantuk di Tempat Kerja? No Way !

Tidak sedikit memang orang yang mengalami masalah yang satu ini sampai-sampai berakibat fatal pada pekerjaan yang sedang dihadapi. Apalagi jika bidang pekerjaan yang sedang mereka geluti merupakan bidang-bidang pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi dan kebugaran fisik yang prima. Ambil sederhana misalnya ialah sopir. Wah bisa banyak sekali terjadi Laka Lalulintas jika sopirnya ngantuk. Obat-obatan memang juga banyak beredar dipasaran untuk mencegah rasa kantuk, namun seberapa efektifkah obat-obatan tersebut kita tidak pernah tahu dikarenakan kondisi fisik pada masing-masing orang berbeda sehingga menuntut pada kadar dosis konsumsi yang berbeda pula. Bisa-bisa malah berdampak negatif pada tubuh karena konsumsi obat-obatan yang berlebih.
Sebenarnya rasa kantuk tersebut masih bisa kita cegah secara alami dan lebih sehat bila dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang belum tentu efektif dalam mengusir rasa kantuk yang melanda saat bekerja. Sedikit tips berikut mungkin bisa dicoba untuk mengusir dan mencegah rasa kantuk saat bekerja.

1.Tidur yang cukup
Rasa kantuk sering muncul akibat dari kurang tidur dan faktor inilah merupakan faktor utama penyebab dari rasa kantuk. Dengan memperbaiki pola gaya hidup kita sesuai dengan jam-jam normal beraktifitas maka kualitas tidur pun akan lebih baik. Yang perlu diingat ialah bahwa dalam hal tidur kuantitas tidaklah utama melainkan kualitas tidur yang baik merupakan faktor yang sangat penting.   

2.Sarapan
Sarapan sangatlah penting. Diantara sekian banyak manfaat dari sarapan ialah sarapan akan memberikan modal dasar energi untuk memulai hari. Dengan sarapan otak tidak akan kepayahan apabila langsung diporsir dengan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi saat memulai kerja di pagi hari. Sarapanlah dengan makanan yang mengandung gizi berimbang jangan hanya memburu rasa kenyang semata sehingga kebaikan-kebaikan dari makanan yang kita konsumsi dapat dirasakan oleh tubuh kita secara baik.

3.Bergeraklah !
Usahakan jangan terlalu lama duduk di depan komputer atau meja kerja. Sekali waktu bergeraklah sekedar untuk meregangkan otot. Segarkan otak dengan sedikit berjalan-jalan entah sekedar untuk berjalan ke ruang foto copy, menyapa sesama karyawan (eits.. asal jangan kebablasan ngerumpi dikantor hehe…


4.Manage kejenuhan
Manage kejenuhan juga memegang peranan penting, sekali waktu dekor ulang penataan meja kerja. Ubahlah segala sesuatu yang membuat kita terbiasa dengan penampakan atau wajah ruang dan kegiatan yang sama di dalam ruangan kerja menjadi sesuatu yang lebih variatif dan baru.  

5.Olahraga rutin
Meskipun pekerjaan kita bukanlah pekerjaan berat yang menuntut fisik yang berotot berolahragalah secara rutin untuk menjaga stamina agar tetap dalam kondisi prima. Kondisi fisik yang prima menjaga agar tubuh tidak mudah loyo dan lesu. Sehingga bekerja menjadi lebih bersemangat dan jauh dari rasa kantuk. 

Semoga bermanfaat dan tetap semangat sepanjang hari

9 comments:

Desktop Komputer said...

Diusahakan jangan mengantuklah biar selamat terutama di dalam ruang lingkup kerja produksi

wahyu said...

yup, hidup harus terus bersemangat agar jauh dari yang namanya penyakit loyo, lemas, letih dan lesu hehe

iam said...

Whehe kalo saya seringnya ngantuk didalam angkutan umum >.<

wahyu said...

iam >> wah awas copet tuh haha

Desktop Komputer said...

Diusahakan jangan sampai ngantuklah pokoknya

enda said...

hehe,,saya sering gantuk kalo sedang kuliah :D

Wahyu said...

enda >> jujur saya juga pernah kayak gitu dulu wkwkwkwk... untungnya cepet sembuh =P abis suara dosennya merdu banget membuat mata ni berat banget hoho

zhanaz45 said...

Hahahaa..

itu mah bukan tidur lagi tapi udah mati..

salam kenal mass

wahyu said...

zhanaz45 >> hehe... salam kenal juga =)

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map