Kebiasaan-Kebiasaan Tidak Sehat Saat Puasa


Aktifitas ibadah puasa memang memberi manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan tubuh. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa puasa merupakan aktifitas detoksifikasi yang sangat efektif bagi kesehatan. Selain itu aktifitas tersebut juga terbukti mampu sebagai proses media penyembuhan dan penurunan berat badan. Namun demikian adanya sedikit pergeseran gaya hidup akan berakibat pada berubahnya kebiasaan-kebiasaan keseharian yang dijalankannya. Perubahan kebiasan-kebiasaan inilah yang banyak orang tidak jeli di dalamnya justru akan menjadi boomerang bagi kesehatan mereka sendiri. Memang terbilang susah di awal-awal menjalankannya sebagai cotntoh adalah kebiasaan ngemil, sarapan pagi, ataupun diet.
Setidaknya terdapat beberapa kebiasaan buruk yang beredar di masyarakat menurut beberapa pakar medis yang berhasil Kedai Info rangkum dari beberapa sumber media nasional. Pada umumnya mereka yang menjalani kebiasaan-kebiasaan ini sama sekali tidak menyadari akibat buruknya kebiasaan tersebut bagi kualitas gaya hidup sehat mereka. Beberapa kesehatan tidak sehat saat puasa tersebut adalah :

Tidur langsung setelah makan sahur


Tidur setelah makan sahur akan menyebabkan refluks esofagus, atau suatu keadaan dimana makanan yang habis kita makan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju kerongkongan dan membawa asam lambung. “Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Nah, ketika Anda langsung tidur sehabis sahur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas. Setidaknya beri jedah 1-2 jam,” ujar Dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, dari FKUI-RSCM. Kondisi ini akan berdampak timbulnya rasa mual, ingin muntah, mulas, dan kerongkongan terasa kering dan panas.

Gorengan sebagai menu buka puasa


Gorengan akan membawa masalah kesehatan bagi saluran tenggorokan dan pencernaan. Siapa sih yang tidak suka makan gorengan sebelum makan makanan yang lain saat berbuka puasa telah tiba (makan ta'jil). Namun tingginya kandungan lemak didalamnya akan membuat orang rentan terkena batuk ataupun panas dalam terlebih setelah seharian perut kosong. Karena setelah seharian penuh perut kosong, tubuh justru membutuhkan makanan yang bergizi lengkap untuk memulihkan kembali kondisinya, meskipun tubuh akan cepat merasa kenyang dibuatnya akan tetapi adanya lemak dari gorengan tadi justru akan menghambat proses penyerapan nutrisi di dalam sistem pencernaan.

Kurangnya kontrol saat santap buka puasa


Puasa sebenarnya bagus sekali untuk kesehatan tubuh, sepanjang orang mau membatasi pola makannya. Dan tidak ada itu kata balas dendam,” ujar dr Arieska Ann Soenarta, Sp.JP (K), spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah RS Harapan Kita.

Ada salah satu paradigma unik yang beredar di masyarakat, yaitu balas dendam. Sedikit menggelitik memang, namun kejadian ini bisa di buktikan dari bertambahnya porsi makan saat berbuka puasa ataupun memilih menu yang paling dia sukai tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuhnya. Selain rentan konsumsi karbohidrat yang berlebih yang bisa menyebabkan diabetes orang juga akan rentan naiknya tingkat kolesterol jahat didalam tubuhnya.

Banyak makan manis saat sahur


Sebaiknya menghindari makanan yang cepat meningkatkan rasa lapar seperti terlalu manis,” jelas DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Departemen Ilmu Gizi FKUI kepada detikHealth.

Menurut Dr. Tati, makanan yang terlalu manis dan karbohidrat sederhana akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.

Itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan tidak sehat saat puasa yang berhasil Kedai Info himpun, bijaklah dalam menjalankan ibadah puasa agar tidak hanya pahala yang kita dapat tetapi kebaikan-kebaikan didalamnya juga akan kita raih. Semoga bermanfaat. (dirangkum dari berbagai sumber)

Posted on 9:00 AM / 7 comments / Read More

Pisang dan Puasa


Bulan puasa memang bulan penuh barokah. Selalu ada pemandangan yang unik yang dapat kita saksikan sebagai orang muslim di Indonesia menjelang waktu berbuka puasa. Umumnya sebagian dari kita akan memanfaatkan sebagian dari waktu menjelang berbuka puasa untuk berburu jenis makanan tertentu di pedagang-pedagang yang terkadang musiman dan menjamur di tempat keramaian masyarakat. Salah satu dari makanan yang laku keras biasanya adalah kolak pisang. Tidak salah memang menjadikan makanan ini menjadi makanan pembuka yang tepat untuk berbuka puasa. Olahan ini menjadi begitu pas dan kaya akan kebaikan dikarenakan oleh bahan utamanya itu sendiri yaitu buah pisang. Bahkan mungkin tidak banyak yang tahu bahwa dibalik warna kuning kulit dan ranum wanginya saat buah tersebut masak tersimpan beberapa kebaikan untuk kesehatan kita. 


1. Kaya vitamin dan mineral.
Dalam kisaran 100 gram buah pisang terdapat 15 gram gula yang mampu mengganti kebutuhan energi dalam tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu juga terdapat vitamin C sejumlah 16% dari kebutuhan sehari-hari dan vitamin B6 sebanyak 20% dari yang dianjurkan.

2. Kaya serat alami.
Siapa bilang sebuah buah pisang hanya kaya akan vitamin C saja, sebuah saja dikonsumsi oleh tubuh akan mampu menyediakan 16% dari total kandungan serat yang dianjurkan oleh tubuh. Oleh karena itu sudah tidak dapat diragukan lagi kemampuannya dalam membantu melancarkan pencernaan.  

3. Baik untuk kesehatan tulang
Tingginya kandungan potasium dalam buah pisang akan menekan hilangnya kalsium dalam tubuh sehingga menjaga tulang dari potensi osteoporosis. Hal ini lebih disebabkan oleh kemampuan potasium itu sendiri untuk menekan hilangnya protein yang dikeluarkan tubuh melalui ekskresi.
Posted on 9:00 AM / 1 comments / Read More

Nasi Merah dan Khasiatnya

Nasi merah ? Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa pilihan menu dengan komposisi karbohidrat kompleks sangat baik untuk di jadikan pilihan menu makan sahur. Karbohidrat kompleks ini selain sangat bagus untuk pencernaan melainkan akan tetap menjaga kondisi perut kita agar tidak cepat merasa lapar sehingga ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar hingga akhir bulan Ramadhan tiba. Salah satu menu yang kaya akan karbohidrat kompleks ini selain keluarga umbi-umbian adalah beras merah yang selanjutnya kerap kali di olah menjadi nasi merah.
Sebenarnya kandungan apa saja yang terkandung dalam nasi merah? Apakah hanya sekedar karbohidrat kompleks saja? Bersama Kedai Info mari kita tengok lebih mendalam.
Nasi merah mempunyai kandungan senyawa kompleks yang bersifat sebagai antioksidan yang baik, sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan kangker terutama kangker usus. Selain itu jenis makanan ini juga terbukti mampu menjaga peningkatan gula dalam darah, oleh karena itu menkonsumsinya akan sangat  baik dan disarankan bagi penderita penyakit diabetes. Mengkonsumsi nasi merah dapat menekan angka resiko terkena penyakit diabeter hingga kisaran di atas 15%. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, ia juga dapat menjaga dari tekanan darah tinggi.

Beras merah perbedaan yang menonjol dibandingkan dari beras putih biasa. Inilah yang membuat hasil olahannya menjadi bernilai tinggi dari kandungan gizinya. Beras merah atau yang dalam bahasa latin disebut dengan oryza nivara ini memiliki nilai vitamin dan mineral dua hingga tiga kali lipat dibanding dengan beras putih biasa yang sering kita konsumsi sehari-hari. Vitamin B yang didalamnya juga tinggi yang baik untuk mencegah kita dan keluarga dari serangan penyakit beri-beri. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi meskipun hanya secara berkala olahan nasi merah ini.
Posted on 9:00 AM / 6 comments / Read More

Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa


Sudah bukan hal yang tabu lagi bahwa menjaga bau mulut akan menjadi perhatian orang saat berpuasa, karena legah sedikit saja bisa-bisa lawan bicara kita akan kabur dikarenakan bau mulut kita yang sangat menusuk di hidung. Bisa jadi masalah bau mulut inilah yang membuat orang berpuasa menjadi pendiam dalam kesehariaannya disamping himpitan rasa lapar yang melilit di perut. Lantas sebenarnya apa yang harus kita lakukan? Apakah hanya cukup dengan sikat gigi saja setelah makan sahur sudah bisa mengatasi masalah bau mulut yang menyiksa ini? Perlu sobat blogger ketahui bahwa kelenjar pencernaan akan tetap berkerja dalam tubuh meskipun kita dalam keadaan berpuasa. Salah satunya adalah kelenjar saliva yang diproduksi di dalam mulut yang juga dapat memicu pertumbuhan bakteri di mulut. Bakteri-bakteri inilah yang akan menyebabkan bau mulut.

Hal ini seperti komentar Dr Rana Al Thib, Dokter Gigi di Klinik Umum Hibah Shata Specialised Dental Clinic di Dubai seperti dilansir oleh Gulfnews.com, beliau mengatakan bahwa selama Ramadhan, beberapa orang mengalami bau mulut karena kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga napas tetap segar. Kekeringan mulut yang disebabkan oleh berpuasa memicu munculnya bau mulut.
Namun tidak perlu khawatir akan masalah tersebut, Dr. Rana memberikan sedikit tips untuk mengatasi masalah tersebut. Yang pertama adalah tetap melakukan aktifitas menyikat gigi di pagi hari meskipun tidak adanya aktifitas sarapan pagi, karena pada umumnya orang akan melupakan hal satu ini dikarenakan mereka sudah melakukannya saat aktifitas sahur dilakukan. Selain itu, minum air putih 2-3 gelas air putih juga sangat penting dilakukan untuk menjaga mulut agar tidak terhidrasi. Pilihan obat kumur pun perlu diperhatikan agar jatuh pada produk yang todak banyak mengadung alkohol yang bisa membuat mulut jadi lebih kering dan berpotensi menyebabkan timbulnya masalah bau mulut

Disamping beberapa tips di atas, langkah-langkah berikut mungkin bisa di coba untuk mengatasi bau mulut yang melanda.

  • Jagalah kesehatan mulut dengan cara rutin menggosok gigi sesudah sahur serta sebelum tidur di malam hari. 
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang spesial yang disebut benang gigi. 
  • Jauhi rokok serta alkohol yang bisa menyebabkan terjadinya periodontitis serta gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. tak hanya itu, alkohol bisa mengurangi produksi air liur yang menyebabkan makin cepatnya perkembangan bakteri. 
  • Manfaatkan sikat lembut untuk menyikat lidah
  • Banyak minum air putih saat sahur serta berbuka untuk melindungi kesimbangan air dalam tubuh.
  • Jauhi makanan-makanan yang berbau menyengat misalnya petai, durian, atau bawang.  
  • Mengonsumsi makanan probiotik untuk menolong kesehatan pencernaan serta menghindar bau mulut. 
  • Mengonsumsi buah serta sayuran misalnya apel, wortel, serta bengkuang. 
  • Mengonsumsi rempah-rempah layaknya ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary, serta kapulaga yang sangat baik untuk memerangi bau mulut. 
  • Mengonsumsi pula makanan yang sebenarnya memiliki khasuat melindungi napas tetap segar selama puasa yaitu misalnya yoghurt, apel, wortel serta seledri.
  • Mengonsumsi vitamin C layaknya berry, jeruk, serta melon di waktu buka serta terpenting waktu sahur, sebab bisa menciptakan lingkungan yang tak ada ramah untuk pertumbuhan bakteri. dapatkan vitamin C dari buah serta makanan lain, tidak dari suplemen, sebab suplemen justru memperparah bau mulut. 





Posted on 9:00 AM / 2 comments / Read More

Menu Pilihan Sahur Sehat Terbaik


Pada kesempatan ini Kedai Info ingin berbagi tips masih berkisar tentang akitifitas puasa yang sedang kita jalani. Setelah kita mengetahui kira-kira menu pilihan apa saja yang baik untuk berbukapada kesempatan yang lalu, maka kali ini akan sedikit berbagi mengenai makanan seperti apa sih yang cocok buat sahur untuk mengawali ibadah puasa. Namun apabila sobat blogger belum sempat membaca ulasan yang telah lalu tentang menu pilihan untuk berbuka puasa, klik disini untuk membacanya.

Makanan yang banyak mengandung gula alami memang sangat disarankan untuk menjadi menu pilihan saat berbuka puasa, mengapa demikian? Hal ini lebih dikarenakan adanya fungsi glukosa sebagai salah satu sumber energi yang baik bagi tubuh untuk menggantikan energi yang telah terpakai setelah seharian penuh berpuasa. Tak kalah pentingnya, menu pilihan untuk sahur juga wajib untuk dipertimbangkan kandungan gizi di dalamnya. Karena beberapa kandungan gizi dalam menu sahur inilah yang akan menyokong kebutuhan metabolisme tubuh seharian penuh dalam berpuasa. Jangan asal pilih yang praktis namun sama sekali nol kosong yang didapat layaknya makan sebuah menu junkfood.


Beberapa tips di bawah ini sebagaimana pernah di ulas oleh Kompas bisa sobat blogger jadikan pertimbangan atau rekomendasi dalam memilih menu yang sesuai untuk makan sahur di pagi hari.

  • Prioritaskan air, vitamin, juga elektrolit. Artinya, minum air putih juga buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga bisa disertakan. Caranya minum air kelapa dulu, sebab sifat elektrolit di air kelapa sangat penting, jika masih terasa haus baru bisa dilanjutkan dengan air putih. Perlu sobat blogger ketahui juga bahwa saat tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg yang disebabkan berkurangnya cairan dalam tubuh. Selalu memulai puasa dengan restorasi cairan adalah pilihan cara yang bagus.
  • Tentukan menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks ibarat ubi,nasi merah, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Karbohidrat kompleks akan lebih awet dalam menjaga gula darah stabil, 
  • Jangan menganggap remeh akan kebutuhan akan serat, baik dari sayur atau buah. Tidak hanya sekedar membersihkan usus, serat adalah salah satu instrumen alami yang menolong membersihkan sisa daging di sela-sela usus badan pun akan terasa lebih fit dan segar. 
  • Pilih lemak sehat atau tak jenuh, sebagai contoh minyak zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Semisal dalam bentuk sambal. Lemak buat pergerakan makanan di perut bisa jadi lambat, sehingga rasa lapar akan terasa lebih lama menghampiri perut. 

Posted on 8:00 AM / 2 comments / Read More

Pilihan Menu Sehat Buka Puasa

Menjaga kondisi tubuh disaat bulan puasa tentu menjadi suatu hal yang wajib bagi kita yang menjalankannya. Agar semua aktifitas kita tetap terjaga maka puasa bukanlah suatu alasan untuk dijadikan alasan dalam menjalani rutinitas yang menjadi makanan sehari-hari kita. Menjaga kondisi tubuh terang tidak akan lepas dari menjaga asupan gizi yang dikonsumsi oleh tubuh. Menu-menu pilihan dengan kandungan gizi yang lengkap akan sangat bermanfaat bagi tubuh setelah seharian penuh berpuasa. Bahkan beberapa orang puasa akan makan besar-besaran saat berbuka tanpa memikirkan kandungan gizi di dalamnya. Tentu saja sangat tidak direkomendasikan untuk langsung mengkonsumsi dalam jumlah besar saat kondisi perut sedang kosong.


Beberapa tips untuk memilih menu dalam berbuka puasa adalah sebagai berikut :
  1. Mulailah berbuka puasa dengan makanan kecil atau minuman yang manis secara alami seperti aneka jus buah-buahan atau buah itu sendiri. Kandungan glukosa yang ada di dalamnya akan mudah diserap oleh tubuh untuk menggantikan energi yang telah dipakai seharian oleh tubuh. Penggunaan gula buatan tidak direkomendasikan karena kurang baik bagi kesehatan tubuh.
  2. Boleh saja nasi putih menjadi pilihan makanan berikutnya, namun ada baiknya pilihan menu dengan karbohidrat kompleks dengan kadar minyak yang relatif sedikit menjadi pilihan yang baik bagi metabolisme tubuh
  3. Untuk mengimbangi kondisi tubuh yang sedikit dehidrasi setelah seharian penuh berpuasa gantilah cairan dalam tubuh dengan minum air putih. Meski banyak sekali iklan yang menyebutkan bahwa minuman artifisial berion mampu menggantikan ion tubuh lebih baik namun air putih tetap menjadi pilihan yang direkomendasikan. 
  4. Tips yang terakhir dan terpenting diantara semuanya adalah bersikap bijaklah dalam memilih dan mengkonsumsi makanan saat berbuka. Ingat janganlah berlebih-lebihan. 

Posted on 11:40 AM / 6 comments / Read More
 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map