Pilihan Menu Sehat Buka Puasa

Menjaga kondisi tubuh disaat bulan puasa tentu menjadi suatu hal yang wajib bagi kita yang menjalankannya. Agar semua aktifitas kita tetap terjaga maka puasa bukanlah suatu alasan untuk dijadikan alasan dalam menjalani rutinitas yang menjadi makanan sehari-hari kita. Menjaga kondisi tubuh terang tidak akan lepas dari menjaga asupan gizi yang dikonsumsi oleh tubuh. Menu-menu pilihan dengan kandungan gizi yang lengkap akan sangat bermanfaat bagi tubuh setelah seharian penuh berpuasa. Bahkan beberapa orang puasa akan makan besar-besaran saat berbuka tanpa memikirkan kandungan gizi di dalamnya. Tentu saja sangat tidak direkomendasikan untuk langsung mengkonsumsi dalam jumlah besar saat kondisi perut sedang kosong.


Beberapa tips untuk memilih menu dalam berbuka puasa adalah sebagai berikut :
  1. Mulailah berbuka puasa dengan makanan kecil atau minuman yang manis secara alami seperti aneka jus buah-buahan atau buah itu sendiri. Kandungan glukosa yang ada di dalamnya akan mudah diserap oleh tubuh untuk menggantikan energi yang telah dipakai seharian oleh tubuh. Penggunaan gula buatan tidak direkomendasikan karena kurang baik bagi kesehatan tubuh.
  2. Boleh saja nasi putih menjadi pilihan makanan berikutnya, namun ada baiknya pilihan menu dengan karbohidrat kompleks dengan kadar minyak yang relatif sedikit menjadi pilihan yang baik bagi metabolisme tubuh
  3. Untuk mengimbangi kondisi tubuh yang sedikit dehidrasi setelah seharian penuh berpuasa gantilah cairan dalam tubuh dengan minum air putih. Meski banyak sekali iklan yang menyebutkan bahwa minuman artifisial berion mampu menggantikan ion tubuh lebih baik namun air putih tetap menjadi pilihan yang direkomendasikan. 
  4. Tips yang terakhir dan terpenting diantara semuanya adalah bersikap bijaklah dalam memilih dan mengkonsumsi makanan saat berbuka. Ingat janganlah berlebih-lebihan. 

5 comments:

Jus Kulit manggis said...

kebanyakan sih saat buka puasa dimulai dengan minum trus langsung makan nasi

Obat keputihan Herbal said...

informasi yang sangat inovatif dan penuh inspiratif. kebanyakan blog yang saya kunjungi isinya tidak sebagus ini. saya merasa puas dengan apa yang di sajikan dalam blog ini. thanks gan.

obat herbal kanker payudara said...

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat sekali

Air Minum Kesehatan said...

biasanya makan yang manis2 dl, tapi jangan yg berat.
abis itu baru makan berat, tapi ada jedanya 1 jam

Ace Maxs said...

terima kasih telah berbagi

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map