Menu Pilihan Sahur Sehat Terbaik


Pada kesempatan ini Kedai Info ingin berbagi tips masih berkisar tentang akitifitas puasa yang sedang kita jalani. Setelah kita mengetahui kira-kira menu pilihan apa saja yang baik untuk berbukapada kesempatan yang lalu, maka kali ini akan sedikit berbagi mengenai makanan seperti apa sih yang cocok buat sahur untuk mengawali ibadah puasa. Namun apabila sobat blogger belum sempat membaca ulasan yang telah lalu tentang menu pilihan untuk berbuka puasa, klik disini untuk membacanya.

Makanan yang banyak mengandung gula alami memang sangat disarankan untuk menjadi menu pilihan saat berbuka puasa, mengapa demikian? Hal ini lebih dikarenakan adanya fungsi glukosa sebagai salah satu sumber energi yang baik bagi tubuh untuk menggantikan energi yang telah terpakai setelah seharian penuh berpuasa. Tak kalah pentingnya, menu pilihan untuk sahur juga wajib untuk dipertimbangkan kandungan gizi di dalamnya. Karena beberapa kandungan gizi dalam menu sahur inilah yang akan menyokong kebutuhan metabolisme tubuh seharian penuh dalam berpuasa. Jangan asal pilih yang praktis namun sama sekali nol kosong yang didapat layaknya makan sebuah menu junkfood.


Beberapa tips di bawah ini sebagaimana pernah di ulas oleh Kompas bisa sobat blogger jadikan pertimbangan atau rekomendasi dalam memilih menu yang sesuai untuk makan sahur di pagi hari.

  • Prioritaskan air, vitamin, juga elektrolit. Artinya, minum air putih juga buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga bisa disertakan. Caranya minum air kelapa dulu, sebab sifat elektrolit di air kelapa sangat penting, jika masih terasa haus baru bisa dilanjutkan dengan air putih. Perlu sobat blogger ketahui juga bahwa saat tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg yang disebabkan berkurangnya cairan dalam tubuh. Selalu memulai puasa dengan restorasi cairan adalah pilihan cara yang bagus.
  • Tentukan menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks ibarat ubi,nasi merah, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Karbohidrat kompleks akan lebih awet dalam menjaga gula darah stabil, 
  • Jangan menganggap remeh akan kebutuhan akan serat, baik dari sayur atau buah. Tidak hanya sekedar membersihkan usus, serat adalah salah satu instrumen alami yang menolong membersihkan sisa daging di sela-sela usus badan pun akan terasa lebih fit dan segar. 
  • Pilih lemak sehat atau tak jenuh, sebagai contoh minyak zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Semisal dalam bentuk sambal. Lemak buat pergerakan makanan di perut bisa jadi lambat, sehingga rasa lapar akan terasa lebih lama menghampiri perut. 

2 comments:

Chumhienk™ said...

keren tipsnya kang
memang disuasana puasa gini kita hrus perbyak minum air putih.. :D

klinik wienarto said...

klo tuker link di taruh dimn gan??tak cari" dr tadi g nemu"?

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map