Penyakit Bisa Bersumber dari Makanan Sehat

Sebagai manusia yang selalu ingin hidup sehat membuat kita sangat selektif dalam memilih bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Mulai dari memilih bahan makanan yang organik, segar dan tanpa pengawet tak jarang kita teliti sebelum membeli bahan makanan tersebut sebelum memasaknya menjadi masakan favorit.
Namun baru-baru ini sebuah bahasan menarik yang dikeluarkan oleh The Center for Science in the Public Interest sebagaimana dilansir oleh detikHealth(8/03/2011) dalam satu kolomnya mengeluarkan  10 bahan makanan pembawa penyakit. Dan ironisnya sebagian besar dari 10 bahan makanan tersebut merupakan bahan makanan sehat yang recommended apabila ingin menjalani hidup sehat.  Lima diantara bahan makanan tersebut bahkan merupakan jenis bahan makanan yang sering dijumpai dalam masyarakat kita karena selain gampang  dibeli tetapi juga karena harganya yang murah merakyat.

Lima jenis bahan makanan tersebut ialah :
1.Telur
Sebenarnya seperti pada bahasan yang lalu mengenai Khasiat Telur tentunya sobat blogger masih ingat betapa bagusnya manfaat telur bagi tubuh kita. Bagi yang belum membacanya silahkan baca di sini. Namun ternyata dibalik semua itu masih juga terdapat celah penyakit bisa masuk dan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Telur sangat mudah terkontaminasi suatu bakteri yang bernama bakteri Salmonella. Oleh karena itu harus benar-benar diperhatikan benar cara memasaknya sehingga dengan suhu tertentu bakteri-bakteri tertentu yang merugikan kesehatan dapat mati dengan sempurna.

2.Tauge
Kalau sobat blogger pernah ke Surabaya tentu sobat blogger sudah tidak asing lagi dengan yang namanya masakan “Lontong Balap” yang ngetrend di kalangan masyarakat. Jenis masakan ini merupakan jenis masakan yang ssngat dominan menggunakan bahan makanan tauge sebagai isi dari masakannya. Terkadang si juru masak malas untuk membersihkan kepala dan akar tauge padahal dengan ikut terkonsumsinya dua bagian tauge tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan pada kedua bagian tanaman tauge tersebut rentan dengan yang namanya bakteri bawaan sewaktu tanaman tersebut ditanam.

3.Sayuran hijau

Orang menyukai makan sayuran hijau dikarenakan kebutuhan tubuh akan antioksidan dan serat. Kandungan keduanya memang sangat tinggi dalam sayuran hijau namun kurangnya kebersihan pada waktu akan memasaknya bisa berdampak negatif pada kesehatan. Hal ini dikarenakan bakteri-bakteri yang dibawa oleh air pada waktu menanam bisa masih tertinggal dan larut di dalamnya sehingga ikur terkonssumsi oleh tubuh kita. Cucilah hingga benar-benar bersih sebelum memasaknya dengan air yang mengalir.

4.Kentang
Megupas kulit kentang yang kurang baik akan menyisakan kotoran yang mengandung bakteri didalamnya, bisa berupa Salmonella dan E.Colli. Seperti kita ketahui dalam tubuh Bakteri E.Colli memang dapat membantu pencernaan namun kalau jumlahnya berlebih tentu bisa membuat kita booking lama kamar mandi untuk BAB 

5.Tomat
Orang sering memasak tomat beserta dengan kulitnya entah karena malas mengupasnya atau memang menurut mereka kulitnya juga enak dimakan. Padahal seperti halnya kentang kulit tomat juga beresiko terkontaminasi oleh bakteri berbahaya jika kebersihannya tidak diperhatikan. Selain itu dalma kondisi masyarakat sekarang pada petani cenderung menggunakan pestisida berbahaya sewaktu penanaman dan bahan-bahan kimia lainnya untuk mendapatkan hasil panen buah tomat berkualitas tinggi. Padahal bahan-bahan kimia tersebut bisa menumpuk dan akhirnya ikut terkonsumsi oleh tubuh. Dampaknya bisa sangat berbahaya meskipun mungkin dampaknya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Semoga bermanfaat, tetap sehat dan bugar. Salam blogger 



Pustaka : detikHealth, Kaskus

15 comments:

Desktop Komputer said...

ngeri juga ya bahkan makanan sehatpun bisa dihinggapi penyakit

Cekodok said...

wah.. begitu ya... makasih infonyaaa

wahyu said...

Desktop Komputer >> bener2 pelajaran berharga agar kita lebih dan lebih menjaga kesehatan kita dengan mengkonsumsi dan memasaknya dengan benar makanan kita sehari-hari sob =)

Cekodok >> sama-sama sob.

Windows 7 Blog said...

pokoknya, sebelum memasak sayurannya, qta cuci dulu hingga bersih!
baru, boleh dimasak agar bersih dari penyakit!

wahyu said...

windows 7 >> cara memasaknya juga harus benar sob, hindari masakan2 yang setengah matang karena beberapa bakteri tahan dengan kondisi suhu tinggi =)

ini srrriii ^_^ said...

nice post.
slam kenal ya kak!
visit my blog. and leave a comment there. haha.
:)

wahyu said...

ini srrriii ^_^ >> Oke, salam kenal juga. sering-sering mampir ya dek =P

Rezdown7 said...

baca artikel ini saya jadi takut makan
hehehe
-----------
nice info sob
sukss sll :)

wahyu said...

Rezdown7 >> hehe... ati2 sob. btw met mampir kembali =)

Er'end said...

Info bagus Gan.
Saya suka tomat,harus berhati-hati dunk klo begitu.Makasih infonya,salam erat persahabatan n happy weekend!

wahyu said...

Er'end >> sama kawan, salam persahabatan dan happy weekend juga dai kedai info =)

Eric Juanto said...

Telur dan Tomat itu makanan sehari-hariku....
kayak nya harus dikurangi makan makanan tsb jika memang dapt menyebabkan penyakit......

btw gan,, udah di Folback....

nitip link gan
http://phoenix-cruzader.blogspot.com/
thx., ^^

Obat Sakit 2011 said...

telur ini sobat yang sering aku makan apalagi kalau untuk sarapan di pagi hari

wahyu said...

Eric Juanto & Obat Sakit 2011 >> telur dan tomat memang sangat enak buat sarapan. Yang satunya di ceplok dan tomatnya di juz. sangat sehat sebenernya, tapi ya gitu sob sama saja kalau cara masaknya ndak baik justru akan merugikan kesehatan kita =)

myGewang said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map