7 Bahan Makanan Pembentuk Otot

Latihan beban dengan disiplin yang tinggi mungkin menjadi salah satu cara apabila ingin mendapatkan bentuk dan massa otot yang ideal. Namun tidak berakhir samapi disitu, asupan gizi dari makanan yang kita makan juga menentukan dan menjadi bagian yang penting dalam proses pembentukan otot. Para bodybuilder biasanya akan mengkonsumsi suplemen-suplemen khusus dengan harga yang relatif mahal untuk merangsang supaya proses pembentukan otot seperti yang mereka harapkan. Namun sobat blogger tak perlu kuatir, bahan makanan yang berguna untuk membentuk otot tidaklah harus mahal. Beberapa diantaranya mudah ditemukan disekitar kita dengan harga yang tidak membuat kantong kita kering kerontang.
Seperti informasi yang di ulas di harian Kompas, berikut merupakan beberapa bahan makanan yang bisa sobat blogger manfaatkan saat ingin melakukan pembentukan otot. Dan yang lebih penting adalah murah terjangkau cuy..

Telur kaya akan protein, dalam satu butirnya terdapat sekitar 6-8 gram protein. Selain kandungan gizi lainnya seperti zink, kalsium dan vitamin yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Beberapa kandungan/khasiat telur yang lain juga dapat sobat blogger di ulasan yang telah lalu. Klik di sini untuk membacanya.

Selain mudah dimasak, dada ayam juga rendah lemak dan tinggi protein hewani. Karena dalam 100 gram dada ayam mengandung sekitar 5 kali jumlah protein dalam telur yakni kurang lebih 30 gram protein hewani.

Banyak memang khasiat minyak ikan yang dapat kita manfaatkan. Selain tinggi akan omega-3 nya minyak ikan ternyata juga mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi (antiradang) yang dapat memulihkan tubuh kita lebih cepat setelah melakukan olahraga keras dalam pembentukan otot.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolisme menunjukkan bahwa Susu cokelat efektif dalam mendongkrak manfaat positif olah raga dan juga memperlambat rasa haus. Sehingga proses olahraga menjadi semakin baik produktifitasnya.

Tidak hanya protein dalam jumlah banyak yang diperlukan dalam proses pembentukan otot, melainkan karbohidrat yang memadai juga akan sangat membantu. Beberapa karbohidrat yang baik dalam sebagai bahan bakar dalam proses pembentukan otot ini dapat ditemukan antara lain pada beberapa sayuran hijau seperti bayam. Hal ini seperti yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health.

Selain kaya akan vitamin C, buah nanas ternyata juga kaya akan enzim pencerna protein atau lebih dikenal dengan bromeilin. Sehingga protein akan dicerna lebih optimal dalm pembentukan otot.

Nah yang terakhir yang dapat Kedai Info berikan adalah ubi. Tidak sedikit memang yang berkata bahwa jenis bahan makanan yang satu ini sebagai “Penganan wong ndeso..” (Makanan orang desa). Namun karbohidrat dalam ubi bisa menjadi alternatif pilihan yang tak kalah pentingnya. Karena selain itu ubi juga dipadati dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mempertahankan kadar gula darah normal dan agar perut tetap kenyang lebih lama.

Semoga bermanfaat.

4 comments:

Zh!nTho said...

wah aku sering minum susu semoga aku bisa berotot hehehe

Farixsantips said...

aku juga sering minum susu coklat :) pasti bagus nih badan saya #ngarep wkowkwokwow btw fotonya gak nahan!!!

BlogS of Hariyanto said...

saya setuju dengan UBI, ubi itu sangat kaya dengan nutrisi dan super gizi, \salah bukti adalah, UBI merupakan makanan pokok saudara kita di PAPUA, dan sejarah sudah membuktikan bahwa TIMNAS GARUDA MUDA di SEGAMES 2011 lebih banyak dari PAPUA :-)

kehidupan said...

info yang bermanfaat sob,semoga setelah membaca artikel diatas,,tubuh ku bisa jadi lebih berotot,,hehe thank's

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map