6 Mitos Mengenai Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang sering dijumpai sekarang, tak hayal penderitanya tidak hanya pada usia dewasa tapi beberapa juga anak-anak. Berbagai upaya pencegahan maupun penyembuhan dilakukan oelh kebanyakan orang berdasarkan pandangan-pandangan yang ada. Anehnya yang berkembang malah pandangan-pandangan yang secara keilmuan sama sekali tidak terbukti kebenarannya alias Cuma mitos belaka.
Baru-baru ini seperti yang telah dilansir sebuah media elektronik ibukota Detik, menyatakan bahwa setidaknya terdapat 6 mitos yang berkembang di amsayarakat mengenai diabetes. Alhasil akibat dari mitos-mitos tersebut malah menjadikan pemahaman yang keliru dikalangan masyarakat dan berdampak pada meningkatnya jumlah penderita itu sendiri. Berikut ialah 6 mitos yang berkembang di masyarakat :

1. Makan terlalu banyak gula bisa menyebabkan diabetes
Keyakinan ini merupakan kesalahpahaman yang paling umum di masyarakat, padahal diabetes disebabkan oleh pankreas yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Normalnya pankreas memproduksi hormon insulin yang membantu membawa glukosa ke sel sebagai sumber energi, tapi saat diabetes pankreas berhenti atau kurang memproduksi insulin yang membuat glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel.

Sebagian besar penyebab diabetes dipengaruhi oleh faktor genetik serta gaya hidup seperti jarang melakukan aktivitas fisik dan pola makan yang buruk. Terlalu banyak mengonsumsi gula memang bisa menjadi pemicu, tapi ia bukan penyebab utama diabetes.

2. Orang dengan diabetes harus mengikuti diet khusus
Banyak orang percaya penderita diabetes harus mengonsumsi makanan hambar dan tidak bisa menikmati makanan lezat karena harus diet khusus.

Padahal ia bisa melakukan diet sehat yang sama seperti non-diabetes yaitu makan diet seimbang, banyak serat, membatasi gula dan karbohidrat, sedikit garam dan minum cukup air.

Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak melakukan pola seperti ini, sehingga ketika didiagnosis diabetes ia merasa harus melakukan diet khusus.

3. Orang dengan diabetes tidak bisa mengonsumsi karbohidrat
Karbohidrat bukanlah musuh bagi pasien diabetes karena tubuh membutuhkannya agar bisa berfungsi optimal dan menjadi sumber bahan bakar. Namun hal yang harus dipahami adalah memilih jenis karbohidrat yang tepat (nasi merah, roti gandum, sereal tinggi serat) serta porsi yang tidak berlebihan.

4. Orang dengan diabetes harus menghindari buah-buah tertentu
Buah-buah tertentu memang ada yang memiliki nilai GI (glucose index) tinggi sehingga cepat menaikkan kadar gula darah (pisang, anggur) yang bisa dikonsumsi saat berolahraga.

Serta ada pula yang lambat dicerna karena kadar GI rendah (apel, pir dan golongan berri) yang bisa menjadi cemilan sehat untuk penderita diabetes. Jadi waktu konsumsi buah yang harus diperhatikan.

5. Hanya orang gemuk yang bisa terkena diabetes
Banyak orang yang mempercayai kabar ini. Meski kelebihan berat badan dan obesitas bisa meningkatakn risiko diabetes tipe 2, tapi bertubuh kurus tidak menjadi jaminan perlindungan dari diabetes karena ada banyak faktor lain yang berpengaruh seperti riwayat keluarga, usia, etnis dan pola hidup.

6. Penggunaan insulin menunjukkan kondisi diabetes yang buruk
Diabetes merupakan penyakit yang membutuhkan manajemen tepat dalam mengelolanya. Seperti halnya dengan diabetes tipe 1 yang mana pankreas tidak memproduksi insulin, maka suntikan injeksi merupakan perawatan yang tepat.

Insulin sendiri membantu memperlambat atau mencegah kompliaksi diabetes dan menajdi salah satu obat yang paling aman bagi penderita diabetes.

Semoga bermanfaat.

14 comments:

Farixsantips said...

iyalah karbohidrat bukan musuh, coz karbohidrat makanan pokok kita sehari harinya. hanya saja dikurangi saja jumlah porsinya

Blog Internet Tutorial said...

Saya rajin olahraga sob, mudah2an aja saya g kena penyakit ini :D

Amiiinnnnnnn

Er'end said...

Mitos ini sudah terlanjur melekat dimasyarakat kita Gan,sehingga penderita diabetes bukannya sehat malah lebih parah dalam penderitaan.Info bermanfaat,makasih ya,happy weekend Gan and happy blogging aja.

panduan belajar blog said...

sepertinya perlu analisis dan kajian yang mendalam.

Outbound di Malang said...

Wisata Malang - setuju ane gan. mitos ky gt di kalangan masyarakat sudah mulai merajarela, tinggal kitanya aja si mulai dari sekarang harus berhati-hati sebagai konsumen.

Windows 7 Blog said...

ngeri diabetesnya nih,,,
mudahan sy gk kena

Farixsantips said...

kunjungan lagi ah kesini sampai bangun adminnya :P

BlogS of Hariyanto said...

semua manusia berpotensi terkena Diabetes, cara menghindarinya ataupun mengatasinya hanya satu, yaitu mengatur dan mengontrol pola hidup dan pola makan secara lebih sehat dan teratur :)

tautanpena said...

Pena hadir dan absen sore gan sambil follow sini.
Tambahan ilmu baru bagi pena neh thanks

socafahreza's blog said...

wah kalau ngomong soal diabetes, memang penyakit ini menjadi momok bagi manula..
menarik nih infonya..
btw ditunggu follow baliknya :)

cardiacku said...

Tetapi penyakit ini tetap termasuk penyakit keturunan kan sobat...
Followers 350

Belajar dan Mencoba said...

nice post gan.. :)

dea bianglala said...

gara-gara gula murah kali yaaaa....
susahnya.... krn diabetes adalah penyakit turunan... :(

kehidupan said...

banyak mitos,yang terdapat pada diabetes ya,,,

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map