Aneka Manfaat Cabe

Bahan makanan yang satu ini tentunya sangat familiar di lidah masyarakat. Dengan sensasi rasanya yang luar biasa hingga membuat beberapa orang merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya baik hanya sebagai condiment (pelengkap masakan) ataupun bahan masakan itu sendiri. Namun dibalik sensasi pedasnya yang luar biasa tersebut tahukah sobat blogger manfaat/khasiat sebenarnya yang terkandung dalam cabe?

Ternyata dibalik garangnya rasa pedas yang acap kali membuat orang merah wajahnya si cabe tersebut menyimpan beberapa khasiat yang sangat membantu menjaga kualitas kesehatan kita sehari-hari. Beberapa diantaranya ialah :

1.Mengandung Vitamin C dan Betakaroten yang tinggi
Vitamin C sudah tidak asing lagi kegunaannya untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsinya secara seimbang akan sangan membantu menjaga kekebalan tubuh kita sebagaimana sebagai antioksidan yang baik yang akan menangkal zat-zat radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Sedangkan betakaroten tak ubahnya Vitamin C salah satu fungsinya juga untuk menangkal zat radikal bebas. Wah dua proteksi yang sangat kuat bukan?!?

2.Meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak.

3.Memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

4.Antibiotik alami.

5.Meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Karena, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang.

6.Meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

Semoga Bermanfaat

Pustaka : healindonesia, wikipedia

5 comments:

Ipank Bastarz said...

Nice Info sob.

Apalagi kl tu cabe di ulek+sambal.
Waah... mantap tuh sob. Hhe...

Trima kasih ats infonya, saya yg asalkn gk tw mnjdi tw.

Salam sukses blogger.

Indrazz Afterlife said...

wah ngomong2 cabe malah jadi pedes nih rasanya bro.. hehehe

Adrian said...

manfaatnya banyak jga ya..tapi pedasnya itu lho..hehe..nice post sob..jangan lupa komentar balik di blogku ya

Tutorial Komputer said...

wah2 ternyata si merah mungil ini banyak manfaatnya ya. nice info sobat. :D

Anonymous said...

Nice Post....di warungku tak tertinggal dengan cabe, mampir ke warungku ya...

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map