Benarkah kolesterol itu jahat?

“Makan bebek yuk?” Sebagian dari kita mungkin akan menjawab pertanyaan tersebut dengan mencibir sembari berkata “Gak ah kolesterol tuh… yang lainnya aja” padahal kalau dipikir-pikir apa ndak sayang kesempatan makan masakan bebek favorit dilewatkan begitu aja [maklum penggemar bebek hehe..] kolesterol memang sudah menjadi momok bagi sebagian orang. Apalagi untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut ataupun sudah mempunyai kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuhnya. Sebenarnya apa sih kolesterol tersebut? Dan apakah kita memang harus menjauhinya? Oke sob langsung saja kita menuju ke TKP.

Apa yang disebut dengan kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui bersama lemak merupakan zat gizi yang sama pentingnya bagi kita seperti halnya karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Selain untuk cadangan energy fungsi lemak ialah untuk membentuk dinding-dinding sel dalam tubuh dan membentuk hormon-hormon tertentu yang sangat bermanfaat pada tubuh. Secara alami sebenarnya tubuh kita sudah memproduksi lemak dalam hal ini kolesterol dalam jumlah yang sesuai atau seimbang. Namun kondisi tersebut bisa berubah atau meningkat melalui konsumsi makanan kita, sebagai contoh ialah lemak hewani. Dengan jumlah yang berlebih kolesterol akan menempel dan menebal dalam dinding-dinding pembuluh darah yang berdampak negatif dan disebut dengan aterosklerosis yaitu suatu kondisi penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

Namun apabila kita kaji lebih jauh sebenarnya tidak semua kolesterol itu berbahaya lho. Dalam kolesterol dikenal dua bagian yaitu lemak Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). LDL inilah yang sering disebut orang-orang dengan lemak jahat karena kemampuannya yang dapat mengendap dalam pembuluh darah dan berakibat pada aterosklerosis seperti yang kita sebutkan di atas. akan tetapi sebaliknya justru HDL merupakan lemak yang dapat membersihkan pembuluh darah arteri. Dengan demikian sebenarnya kondisi kita makan makanan yang mengandung lemak adalah tidak perlu ditakutkan dan baik karena lemak juga merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh selama kita bisa menjaga dan mengontrol kadarnya dalam tubuh kita agar tidak berlebihan (hyper).

Semoga Bermanfaat.

11 comments:

Masakan Khas Indonesia said...

waduh..kolesterol saya lebih dari standar nih, makasih infonya ya..

muhaimin said...

mantap infonya mas,memang kebanyakan kita tahunya kolesterol itu selalu jahat padahal tida juga ...

Belajar Komputer said...

kolesterol...menurut saya bisa berpotensi jantung gan.. nice info gan

wahyu said...

@Masakan Khas Indonesia_sama-sama :)
@muhaimin_yup, saya juga setuju pak.
@Belajar Komputer_memang, pintar2 kita ma asupan gizi yang berimbang untuk menjaga kesehatan kita.
sukses buat semuanya ^^

TambelanBlog said...

Kolesterol tidak mengenal usia. Beberapa waktu lalu saya dinyatakan kolesterol oleh dokter. Menurutnya kolesterol tidak hanya menyerang orang berbadan gemuk, namun juga bisa menyerang orang kurus. Tapi kolesterol bisa dikontrol dengan Diet teratur.

Salam
TambelanBlog

Obat Sakit 2011 said...

harus siap beraktifitas lebih gan bila makan banyak kolesterol karena lemah juga sumber tenaga

suciyellow said...

nah kalo gitu yg penting kita bisa memilah ya yg mana kolesterol jahat dan baik

oh ya,,sudah sy follow..

ditunggu link exchange nya yaa...

| gad1s s0ypans | said...

inf0 menarik....

tQ f0r sharing.....
(=

Indrazz Afterlife said...

info bagus bro....
jadi kita gak salah sangka terhadap kolesterol.. :D

adibey said...

makasih buat info'a sob...

oia ada award buat sobat, kalo berkenan di ambil ya... thanks

Kaharuddin Eka Putra said...

sobat, kalau aku, semua makanan aku sikat terus nih,,hehe,,,gak mikirin kolesterol,,hehe,,,infonya menjadi pencerahan untuk saya,,thanks sobat

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map