5 Tips Jitu Merawat LCD Netbook atau Notebook

Dengan manjamurnya pemakaian baik netbook maupun notebook di masyarakat maka tak jarang meskipun salah satu yang kita punya merupakan barang yang tidak mahal amat, namun tetap saja netbook atau notebook kesayangngan kita merupakan aset yang sangat berharga dalam menunjang aktifitas harian kita. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan baik, dikantor atau dimanapun tempatnya. Oleh karena itu perawatan yang baik tentunya akan sangat mandukung optimalisasi pemakaian seperti yang kita harapkan.
Sedikit mengulas tentang perawatan netbook maupun notebook pada kesempatan ini Kedai Info akan mencoba sharing informasi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk sobat blogger semua yakni 5 Tips Jitu Merawat LCD Netbook atau Notebook. Langsung saja langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Memberi screen protector
Dengan memberikan screen protector akan memberikan perlindungan(protection)  yang baik untuk LCD notebook atau netbook kesayangan sobat blogger. Karena yang sering terjadi adalah karena kecerobohan kita sendiri salah dalam menenganinya. Sebagai misal tanpa sengaja kita malah menggoresnya dengan kuku jari-jari kita (khususnya kaum cewek) atau balpoin  saat kita melakukan presentasi kecil kepada  rekan bisnis.

2. Kebersihan rutin
Menjaga kebersihan juga harus dilakukan, namun perlu juga diingat adalah jangan sembarangan memilih lap/kain dan cairan pembersih. Pastikan pilihlah kain pembersih yang benar-benar lembut sehingga tidak akan meninggalkan bekas goresan untuk LCD. Sedangkan bila tidak dimungkinkan mendapatkan pembersih pakailah sedikit air yang telah dicampur dengan sabun mandi. Sebaiknya sobat blogger menghindari cairan-cairan pembersih yang mengandung amoniak dan alkohol tetapi pakailah cairan pembersih seperti yang digunakan untuk membersihkan lensa kamera digital yang banyak dijual di toko perlengkapan kamera. Usaplah cairan tersebut dengan kain dan jangan menyemprotkannya secara langsung ke LCD karena dapat meleleh ke bawah dan bisa merusak rangkaian elektroniknya.

3. Engsel LCD
Engsel yang merupakan poros katup sehingga netbook atau notebook kita dapat dibuka dan ditutup merupakan bagian yang paling rentan terjadi kerusakan. Hal ini dikarenakan bahwa beban terberat dalam suatu netbook atau notebook adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan netbook atau notebook. Demikian pula sebaliknya, jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakannya. Dan bersegeralah perbaiki ke dealer resminya saat terjadi keretakan agar tidak merambat ketempat lainnya

 4. Hindarkan dari benturan dan tekanan
Letakkan posisi netbook atau notebook dalam kondisi yang benar-benar aman, jauh dari goncangan dan tekanan oleh benda lain disekitarnya.

5. Jangan meletakkan sesuatu antara LCD dengan keyboard saat menutupnya.

Pada kesempatan yang lalu Kedai Info juga pernah share mengenai 10 Tips Agar Baterai Laptop Tetap Awet, bagi sobat blogger yang belum sempat membacanya silahkan klik di sini untuk membacanya.
Semoga bermanfaat.

11 comments:

Obat Sakit 2011 said...

trims gan tipsnya

BRI Jakarta Veteran said...

makasih sahabat bisa langsung dicoba nih ..., salam

Adis Production Bali said...

informasi yang sangat dibutuh seiring kemajuan teknologi..

Indrazz Afterlife said...

wah wah....
kebanyakan kasus nomor 3 nih bro...
hehehehe

Er'end said...

Karena keasyikan berselancar,saya malah sering lupa "main" di atas kasur tanpa cooling pad,padahal laptop saya punya pentilasi udara di bawah..Makasih Gan infonya!

Er'end said...

Rangkaian "tv monitor" yg ke lcd pernah jebol karena kepanasan.

Agus Salim said...

Mantap tipsnya ,walaupun sementara ini aku masih menggunakan pc.

Mimpi Siang Bolong said...

Benar sekali, saya termasuk orang yang ceroboh dalam hal ini.

LCD saya belum saya beri screen protector, truz suka saya bersihkan pakai tissue. Selain itu juga saya bersihkan menggunakan cairan pembersih kacamata.

Apa jadinya, ya tinggal tunggu waktunya.

Salam Takzim.

Mobil Keluarga terbaik Di Indonesia said...

Mantaaaapppp

Ahmad Farid said...

Lengkap banget sob TIPsnya.. Nambah pengalaman saya .. And Sangat berguna banget. Makasih ..

ERBA Air Cooler said...

Mantap infonya gan. Uda saya praktekin dan hasilnya bagus. LCD laptop saya bersih dan gak pernah rusak sekarang hahaha thanks gan atas tipsnya :D

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map