Bahaya ! Kebiasaan-Kebiasaan Yang Merusak Mata


Banyak orang mungkin tidak menyadari kalau beberapa aktifitas yang mereka lakukan bisa merugikan diri sendiri. Bahkan parahnya lagi aktifitas tersebut malah sudah menjadi kebiasaan sejak kecil. Selama bukan organ vital yang terkena dampaknya mungkin akan memerlukan waktu yang agak lama hingga akibat dari kebiasaan buruk tersebut dapat dirasakan. Salah satu dampak yang cepat dirasakan ialah pada kasus yang berhubungan dengan mata. Beberapa kebiasaan-kebiasaan tersebut yang dapat merugikan mata ialah :

1.Membaca sambil tidur
Gangguan akibat kebiasaan ini lebih dikarenakan berkurangnya jarak mata pada objek yang tidak sesuai dengan jarak idealnya. Jarak ideal mata untuk membaca ialah 30 cm. Apabila mata dipaksa untuk tetap fokus pada jarak pandang kurang dari 30 cm hal ini akan membuat mata menjadi mudah lelah sehingga potensi erkena rabun semakin besar.
2.Membaca dengan penerangan kurang
Kondisi membaca dengan penerangan yang kurang memaksa mata untuk berakomodasi maksimum, akomodasi merupakan kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis sesuai dengan keadaan rangsang dari luar. Dengan berakomodasi maksimum untuk menangkap bayangan yang diterima hal ini membuat mata menjadi cepat lelah dan apabila kebiasaan ini diteruskan dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan gangguan rabun jauh pada mata.
3.Penggunaan soft lens.
Memakai soft lens sah-sah saja apabila kita memang tidak mau direpotkan dengan pemakaian kacamata. Semua orang pasti lebih menyukai yang praktis tapi seperti yang kita ketahui penggunaan soft lens menuntut perawatan yang lebih. Salah penanganan dalam artian kurang bisa menjaga kebersihannya akan berdampak mata iritasi dan merah. Tentunya apabila dibiarkan berlarut-larut akan dapat merusak mata.
4.Radiasi monitor komputer atau TV
Tanpa disadari kebutuhan akan informasi memang menuntut kita untuk berada didepan komputer atau TV lebih lama. Namun pancaran radiasi yang dikeluarkan oleh monitor berdampak negatif pada mata. Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi monitor komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.
5.Mengucek mata
Biasanya mengucek mata dilakukan saat mata terasa gatal karena adanya benda asing yang masuk ke dalam bola mata. Kebiasaan mengucek mata justru akan memperparah keadaan. Karena dengan mengucek mata besar kemungkinan benda asing yang masuk ke mata tadi akan menggores permukaan kornea mata. Apabila menguceknya terlalu keras hal ini juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh kecil  pada bola mata sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar.

Bebarapa tips berikut mungkin bisa di coba untuk menjaga kesehatan mata, antara lain :
a.Makanlah makanan yang bergizi lengkap hal ini akan baik untuk kesehatan mata juga, pada umumnya makanan yang baik untuk mata ialah yang banyak mengandung vitamin A dan karoten yang tinggi seperti pepaya, wortel, mangga, buah merah asal Papua.
b.Istirahat dan tidur yang cukup sehingga mata cukup istirahat.
c.Jagalah intensitas di depan komputer atau TV. Jangan dipaksakan kalau mata sudah benar-benar lelah. Bahkan kalau perlu rehatlah sejenak setelah didepan computer selama dua jam.
Atur sedemikian rupa fitur-fitur monitor agar tidak membuat mata menjadi cepat lelah dan aman untuk mata. Bila perlu belilah filter monitor.
d.Jangan mengucek mata, apabila diperlukan pakailah air mata sintetis yang dapat membantu mengurangi rasa gatal karena dapat mempercepat pembilasan benda asing tersebut dari mata sehingga rasa gatal dapat segera hilang.
e.Membacalah dengan jarak pandang yang ideal dan dengan penerangan yang cukup.
f.Sesekali lakukan relaksasi pada mata dengan melakukan pemijatan kecil pada otot-otot disekitar mata sambil memejamkan mata.

Semoga bermanfaat =)

3 comments:

Info Kesehatan said...

thanks gan niche share

ArsipFank said...

Maturnuwun infnya,manfaat dan sangat menambah wawasan..gan....

softlen murah said...

jika bicara kesehatan mata dalam penggunaan softlens, sepertinya itu semua tergantung pemakaiannya, jika pemakaian softlens itu benar maka akan baik untuk kesehatan

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map