Tips menjaga dan optimalisasi computer dari serangan virus


Sering kali kita merasa geram “arghhhhhh……..” ato “adduh…. Kena virus deh!”. Padahal besok sudah deadline laporan, skripsi, tugas dan sebagainya. Ya memang sangat menjengkelkan saat-saat komputer kesayangan kita ngadat karena serangan virus yang tidak bermoral, meski  terkadang serangannya hanya berupa nebeng print out welewh2... (emangnya nih printer moyang loe hoohooo =P)
Meski kita sudah sangat berhati-hati bisa-bisanya si virus tembus juga infeksi komputer kita. Berbagai antivirus juga sudah kita pasang demi mendukung security pada komputer kita, namun apa daya ^^. Sebenarnya kita bisa mencegah jauh-jauh hari kalau kita mengetahui bagaimana dan darimana potensi serangan virus itu berasal. “Bawa payung sebelum hujan” yah itu mungkin istilah yang cocok untuk topik yang sedang kita bicarakan saat ini.
Beberapa tips dan trik berikut mungkin patut dicoba untuk mencaga komputer anda dari serangan virus yang sporadis (lebay xixixi...). Oke langsung saja daripada banyak omong nti jadi basi lagi hehhee  =D
1.    Memasang Antivirus
Memasang antivirus ini sudah lazim dilakukan dan merupakan wajib hukumnya untuk dilakukan demi menjaga sistem keamanan komputer kesayangan kita. Namun pernahkah anda mengeluhkan antivirus anda, misal “wah kurang sakti nih antivirus masak gak detect sama  sekali padahal tadi di komputernya si A detect da virusnya”. Sebenarnya semua jenis antivirus itu baik meski tidak bisa dipungkiri masing-masing brand punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. pertimbangan ialah sudah sepantasnya kita memilih yang sesuai dengan kapasitas komputer kita. Benar-benar harus kita pertimbangkan minimum requirement dari antivirus yang kita mau pakai. Jangan sampai udah beli mahal-mahal ternyata sesudah di install eh malah komputer kita malah jadi lemott <apa bedanya ma kena virus kalo malah jadi ngadat kayak kena virus hehe..) . lakukanlah update database virus secara rutin dan scanning secara berkala pada computer kita.

2.    Mematikan fungsi autorun pada computer
Langkah ini layak untuk anda coba karena banyak sekali varian virus yang  mmanfaatkan fasilitas plug and play pada OS. Windows. Kalau anda tidak jeli maka tak hayal malah virus yang terinstall pada komputer kesayangan anda. Ada beberapa cara untuk melakukannya antara lain ialah dengan menekan tombol Alt+Shift saat anda menancapkan flashdisk ke komputer anda. Tekan agak lama hingga window autoplay tidak keluar lagi. Cara kedua ialah melalui Pengaturan Konfigurasi di Windows yaitu melalui Group Policy [GPEDIT.MCS], caranya:
> Klik menu [Start]
> Klik [Run]
> Ketik GPEDIT.MSC pada kolom RUN ,lalu OK
>Setelah muncul layar Group Policy klik User Configuration , pilih Administrative Templates.
> Pilih System, lalu cari Turn Off Autoplay.
> Klik kanan pada Turn Off Autoplay, lalu pilih Properties, lalu pilih Disabled.
> Klik Apply, lalu OK.
> Restart komputer.
3.    Hindari browsing situs-situs gituan

Nah, ini merupakan nasihat yang sangat penting bagi anda yang sampai detik ini masih suka berkunjung ke situs-situs gituan. Selain berdosa anda tidak akan tahu kalau dari situs-situs gituan banyak sekali terpasang link-link jebakan yang berujung pada terdownloadnya file-file malware, trojan, atau worm. Dengan memanfaatkan tingkat antusiasme dari user pada beberapa tulisan-tulisan yang membuat mereka berpikir panjang untuk mengkliknya, pembuat virus akan berlomba-lomba bagaimana agar virus yang sudah mereka buat bisa menginfeksi komputer si korban(user). Jadi saran penulis bertaubatlah dan segera hentikan aktifitas anda yang sering mengakses situs-situs gituan.

4.    Belilah dan gunakan software yang berlisensi resmi
Membeli software yang resmi berarti anda telah mensukseskan gerakan anti pembajakan di dunia. Disamping anda akan mendapatkan software yang berlisensi anda juga akan terbebas dari potensi terkena file-file yang bersifat merugikan sistem komputer anda (virus). Karena apabila anda menggunakan produk bajakan biasanya akan disediakan  fake serial number baik yang diperoleh dari generate pada keygen, patching, ataupun cracking yang berpotensi besar terinfeksi file-file merugikan sistem. Kalau emang terpaksa pakai yang tidak berlisensi maka pastikan benar-benar aman buat sistem di komputer anda.

5.    Hindari kebiasaan copy-paste file yang berlebihan saat anda browsing di warnet.
Kebiasaan melakukan copy-paste diwarnet ternyata juga berbahaya klu anda tidak waspada. Karena terkadang bagi anda yang suka melakukannya anda tidak akan tahu bahwa isi dari folder atau file compres terisi file-file virus.  Jadi selektiflah sebelum melakukan copy-paste.


6.    Jaga flashdisk anda dari file-file asing.
Anda mungkin pernah melihat tiba-tiba saja flasdisk anda penuh dengan file-file baru dimana anda sama sekali tidak pernah merasa memasukkan file-file tersebut kedalam file anda. Kalau begitu “Selamat!!!”  flasdisk anda telah terinfeksi virus hehe… File-file dengan kemasan yang terlihat wajar namun bila anda cukup jeli sebenarnya file tersebut sangatlah tidak wajar. Misalnya terdapat file folder yang berekstensi sebagai program aplikasi (folder.exe). Pada dasarnya file-file virus tersebut tidak akan langsung aktif selama anda tidak mengakses (klik) file tersebut meskipun ada beberapa yang memanfaatkan fasilitas autorun dalam sistem. Oleh karena itu ada baiknya kita menonaktifkan fasilitas autorun dalam sistem seperti yang sudah kita bahas di atas. Sekali lagi si pembuat virus akan memanfaatkan kecerobohan dari user untuk mengklik dan mengaktifkan virus. So, waspadalah !!!


7.    Browsinglah dengan sehat dan aman.
Ini mungkin menjadi langkah yang paling ampuh untuk mencegah  dari serangan virus kekomputer anda. Browsinglah dengan sehat dan aman. Ibarat berbelanja sebaiknya anda tahu dengan cermat barang apa saja yan akan anda beli jangan sembrono dan serakah main comot saja. Begitu juga ketika anda browsing lakukan hal serupa dan jangan berlebihan meskipun jiwa petualang anda sangat menggebu-nggebu. Karena bisa-bisa anda malah masuk ke alamat-alamat yang berpotensi besar menyebarkan malware dan kroni-kroninya yang malah merugikan sistem komputer anda.


Seperti itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mencegah potensi komputer  anda dari serangan virus. Namun kalau emang terjangkitnya sudah parah, seperti kata slogan yang umum “Jika sakit berlanjut hubungi dokter” jadi serahkanlah pada ahlinya untuk membantu anda. Semoga bermanfaat.

  

1 comments:

ace maxs said...

makasih banyak gan tipsnya,ini sangat bermanfaat banget...

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map