Bensin Sintetik, Harganya Cuma Rp 3.500 per Liter


Oxford--Di tengah-tengah gencarnya tren perubahan alat mobilitas, dari mobil bensin ke listrik di seluruh dunia, muncul harapan baru untuk mesin konvensional, yaitu ditemukan bensin sintetik. Hebatnya lagi, bensin sintetik ini harganya lebih murah dibandingkan dengan hasil tambang, hanya Rp 3.500 per liter (1,50 dolar AS per gallon).

Kelebihan lainnya, bensin ini bisa langsung digunakan pada mesin bensin sekarang tanpa perubahan dan tidak menimbulkan emisi karbon. Nah, tentu saja bisa dibayangkan, harapan produsen mesin konvensional bisa hidup lagi setelah terancam oleh mobil listrik.

Bensin sintetik tersebut ditemukan sebuah perusahaan asal Inggris, Cella Energy. Teknologinya dikembangkan dari material yang disebut “complex hydrides”. Proses pengembangan bensin sintetik ini telah berlangsung selama empat tahun dalam program sangat rahasia di laboratorium terkenal, Rutherd Appleton Laboratory dekat Oxford, Inggris.

Menurut Stephen Voller, CEO Cella Energy, kandungan energi tinggi bensin sintetik ini sangat tinggi dan dikemas seperti kapsul dengan menggunakan teknik nanostruktur yang disebut “coaxial electrospraying”.

"Kami telah mengembangkan bahan bakar mikro-butiran baru yang dapat digunakan pada mesin yang sebelumnya menggunakan bensin. Dapat digunakan tanpa harus memodifikasi mesin,” jelas Voller.

Ditambahkan, karena berasal dari hidrogen, proses pembakarannya tidak menghasilkan emisi karbon. Riset untuk menemukan bensin ini dipimpin Profesor Stephen Bennington, bekerjasama dengan para ilmuwan dari Universitas College London dan Universitas Oxford.

"Teknologi kami berasal dari material yang disebut “complex hydrides”, yaitu hidrogen. Dikemas seperti kapsul dengan proses unik (dipatenkan). Karena itu, penyimpanan dan penanganannya lebih mudah dan aman dibandingkan dengan bensin yang digunakan sekarang," jelas profesor Stephen Bennington yang menjadi Kepala Riset di Cella Energy.[air]
Sumber : kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map