Tips agar mudah diterima dilingkungan tempat kerja baru


Anda karyawan baru? Tidak jarang orang menjadi kikuk saat berada dilingkungan baru. Belum kenal sana-sini, sekedar mau photocopy saja belum tahu juga tempatnya dimana. Karena bisa jadi hari pertama merupakan hari yang menentukan bagaimana image anda terbentuk dilingkungan tersebut nantinya. Seperti halnya “My first days school” semuanya pasti ingin kelihatan perfect meskipun kenyataannya tak jarang malah sebaliknya… berikut sedikit tips yang bisa anda coba untuk cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan  yang baru tersebut.
- Berkenalan.
Berkenalan tentu saja hal pertama yang wajib anda lakukan. Hal ini wajib anda lakukan pada lingkungan sekitar. Jangan ragu-ragu atau malu-malu untuk mengatakan “Pak/Buk nama saya …. Saya karyawan baru. Mohon kerjasamanya”
- Beramah tamah.
Sedikit beramah tamah tentu sangat bermanfaat untuk sekedar ngobrol lebih akrab dan berkenalan lebih dengan rekan kerja. Tapi perlu diingat juga jangan berlebih porsinya karena bisa-bisa anda malah dicap banyak omong. Sekedar ngobrol hangat saja.
- Jaga rasa pede anda.
Lingkungan baru berarti bertemu dengan orang-orang baru pula. Terkadang kita jadi kurang pede saat bertemu dengan orang yang menurut kita memiliki kemampuan yang lebih atau bisa jadi pas bertemu dengan atasan. Karena jangan sampai kita menjadi salah tingkah hanya dikarenakan resa pede kita yang tiba-tiba saja menjadi drop didepan mereka. Jadi intinya pengendalian diri jelas sangat diperlukan disini.
- Senyum dan sapa
Senyum jelas menjadi senjata yang sangat manjur dalam menghadapi suasana yang kaku dan dingin. Jangan segan-segan pula untuk sekedar menyapa “Hai..” , “Pak..”, atau “Bu..” saat berpapasan dengan yang lain. Karena secara tidak langsung anda sudah membangun keakraban diantara sesama rekan kerja baru didalamnya. Dan yang paling lebih lagi jauhkan diri anda dari kesan angkuh.
- Jangan takut untuk bertanya.
Seperti kata orang “malu bertanya sesat di jalan”. Hindari berlaku sok dilingkungan yang baru. Kalau memang anda tidak bisa mengerjakannya atau belum pernah melakukannya, balum tahu cara melakukannya ada baiknya anda bertanya dan jangan malu untuk melakukannya. Karena anda jelas tidak ingin hanya karena hal kecil bisa merusak hari-hari pertama anda dilingkungan yang baru.
- Mengenal lokasi.
Mulailah untukmenyesuaikan dengan atmosfer yang ada dan mengenal tata letak di tempat kerja anda.
Semoga bermanfaat =)

3 comments:

Sang Nanang said...

kata orang Jawa sih bisa merasa dan jangan merasa bisa....

salam balik!

gogoza said...

sipp, ane sepakat gan. Lebih tepatnya dalam bahasa Jawa "Ojo rumongsi iso tapi iso'o rumongso.."
Manteb kan..
salam balik juga

tmb-minou said...

Thanks brow........

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map