Cara Mengganti Nama dan Menyembunyikan Recycle Bin di Desktop


Adakalanya sobat kedai info merasa bosan dengan tampilan desktop yang hanya itu-itu saja. Mulai dari skin dan icon yang sudah di customize menggunakan beberapa program yang banyak beredar. Tapi…. Ahh!!! tetap aja semuanya masih menawarkan itu-itu saja perubahannnya. Nah.. sobat kedai info kali ini bagaimana kalau kita bisa menyematkan nama kita sendiri ke icon recycle bin atau bahkan kita bisa menyembunyikan recycle bin dari desktop kita (tenang-tenang kita masih bisa menampilkannya kembali kok di kemudian hari.

Di sini kita akan sedikit mengutak-atik registry windows kita. Ya mungkin bagi kita yang masih asing dengan registry??? Apa itu registry? Registry atau registry editor bagi windows ibarat tulang urat syaraf dalam tubuh windows itu sendiri. Kalau kita bisa mengoptimalkannya alhasil laptop/komputer kesayangan kita bisa menjadi mesin yang luar biasa kemampuannya ( ups lebay hehee… map =P) namun hati-hati ya jangan sampai salah perlakuan bisa-bisa malah komputer kesayangan kita malah sakit dan tak bangun kembali ( nah lho… tenang-tenang jangan panik semua pasti ada obatnya ^^!

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat salinan atau back up registry kita dulu sebelum kita melakukan modifikasi pada registry komputer kita. Langkah-langkahnya :
- Klik menu [Run] pada start menu
- Ketik [regedit]
- Klik menu [File] lalu pilih [Export]
- Simpan file registry kita di drive yang kita suka dan klik [Save]
Mudah bukan ? Dari file registry ini dikemudian hari kita bisa menggunakannya apabila terjadi system crash.

Untuk merubah nama pada recylcle bin tidaklah semudah merubah nama pada shortcut hanya dengan melakukan klik kanan dan merubah namanya pada umumnya. Kita harus menggunakan registry windows untuk melakukannya. Masuklah registry editor melalui menu Run pada start menu seperti pada langkah sebelumnya. Berikut adalah hal yang harus kita lakukan.
Klik Key : HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
Jenis Value : String Value
Nama Value : (Default)
Data Value : “Kantong Sampah”

Nah ubahlah nama yang berwarna merah di atas sesuai kehendak kita tanpa tanda petik.
Untuk menyembunyikan recycle bin setelah masuk pada registry editor ikuti langkah berikut :
Klik Key : HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Desktop\Namespace\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
Hapus Key {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E} di atas maka icon shortcut akan hilang dari desktop kita. Untuk memunculkannya kembali kita tinggal menempatkan kembali Key {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E} ditempat awalnya dengan membuat key yang baru.

Selamat mencoba.

Download posting di atas dengan format pdf klik di sini.




0 comments:

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map