Cara membasmi virus WinSality

Ulah WinSality ini memang cukup merepotkan. Dilansir dari informasi vendor penyedia jasa antivirus mereka bahkan melansir bahwa virus WinSality memiliki beberapa varian. Varian-varian tersebut ada yang bersifat polymorphic maupun yang metamorphic. Karena kalau hanya sekedar menggandakan file ataupun bikin PC kita lemot itu mah sudah biasa. Namun apa yang dikerjakan Winsality tidak hanya merusak file-file root windows yang ada dalam C: namun semua file yang berekstensi *.exe yang ada pada semua drive juga akan terinfeksi oleh Winsality. Program-program aplikasi yang sudah terinstall sudah tidak berjalan normal sebagaimana seharusnya. Celakanya lagi apabila kita menyimpan file-file master aplikasi dimanapun drivenya maka besar kemungkinan akan turut terinfeksi juga. Dengan demikian apabila antivirus yang kita pakai berhasil detect bahwa file tersebut sudah terinfeksi dengan WinSality maka seperti kebanyakan antivirus mereka akan langsung menghapusnya dari drive kita. Meskipun tak jarang ditemui kejadian bahkan antivirus yang terinstall sudah tidak bekerja seperti biasanya.  Nah lho… lalu bagaimana dengan nasib beberapa file master aplikasi kita yang berharga :’(

Benar-benar merepotkan bukan??? Bahkan sangat merepotkan bin menjengkelkan !!!

Setelah belajar dari pengalaman juga cari informasi sana sini ternyata ada beberapa cara efektif dalam mengatasi virus Winsality ini. Untungnya lagi beberapa vendor antivirus ternama sudah mengeluarkan tools yang khusus bekerja melakukan remove pada Winsality sampai pada akar-akarnya(Tools AVG Winsality Remover download di sini ). Berikut langkah-langkahnya yang bisa dilakukan untuk menembuhkan PC yang terkena Winsality :

- Putuskan semua koneksi internet dari PC yang terinfeksi Winsality.

- Matikan System restore pada windows.

- Matikan Autorun dan default share dari PC tersebut.

- Matikan semua program aplikasi yang sedang anda buka, termasuk juga program aplikasi yang ada pada   proses startup agar proses removing Winsality berjalan lebih cepat.

- Ubahlah tools Winsality remover yang akan digunakan dari berekstensi *.exe menjadi *.cmd agar tidak terinfeksi oleh Winsality yang sudah menjalar kemana-mana.

- Lakukan scan dengan menggunakan tools tersebut.

- Restart Windows setelah proses cleaning selesai.

- Lakukan perbaikan pada registry windows yang sudah terinfeksi Winsality dengan menggunakan FixReg (download di sini).

- Extrack FixReg.rar dan jalankan registri yang ada di folder FixReg
sesuai dengan windows yang digunakan.

- Restart Windows kembali.

Periksa task manager,  regedit dsb untuk memastikan PC sudah benar-benar bersih dari WinSality.
Semoga bermanfaat =)

1 comments:

erick said...

nice info...wah perlu dicoba ny sob......

Post a Comment

Blog ini dofollow blog, jadi tinggalkan komen nanti akan saya komen balik ke blog sobat blogger. Berkomentarlah yang baik, NO SPAM PLEASE !!!!!

 
Copyright © 2011. Kedai Info . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map